Kue Tradisional | Kue Indonesia

Kue Putri Selat

Ciri khas kue putri selat ini terdiri dari tiga lapisan kue dengan warna hijau, cokelat, dan putih. Lapisan warna hijau berasal dari penggunaan air daun suji, warna cokelat dari gula merah, dan warna putih dari santan dan tepung beras. Penggunaan bahan santan sangat dominan, yang diperlukan untuk semua lapisan kue putri selat.

Kue putri selat terutama dikenal sebagai kue tradisional khas Banjar, Kalimantan Selatan. Namun kue putri selat juga bisa ditemukan di Pulau Sumatera. Sementara di Semenanjung Malaysia dan Singapura, terdapat kue dengan nama putri salat, yang ternyata merupakan nama lain dari kue lapis ketan sarikaya atau kue serimuka yang kita kenal di Indonesia.

KUE PUTRI SELAT

BAHAN :
LAPISAN 1 (WARNA HIJAU):
225 gr tepung beras
250 gr gula pasir
75 gr tepung kanji
3/4 sdt garam
75 ml air daun suji (dari 30 lembar daun suji dan 10 lembar daun pandan)
300 ml santan hangat, dari 1/2 butir kelapa parut
450 ml santan panas, dari 1/2 butir kelapa parut
3/4 sdt garam

LAPISAN 2 (WARNA COKELAT) :
450 ml santan panas, dari 1/2 butir kelapa parut
200 gr gula merah, sisir
25 gr gula pasir
225 gr tepung beras
75 gr tepung kanji
3/4 sdt garam
375 ml santan hangat, dari 1/2 butir kelapa parut

LAPISAN 3 (WARNA PUTIH) :
75 gr tepung beras
25 gr tepung kanji
600 ml santan, dari 1 butir kelapa parut
1/2 sdt garam
2 lembar daun pandan

CARA MEMBUAT :
1. Untuk Lapisan 1 (Warna Hijau) : Aduk tepung beras, tepung kanji, gula, garam, dan air daun suji. Tuang santan hangat sambil diaduk rata. Tuang santan panas, aduk rata kembali. Sisihkan.
2.Untuk Lapisan 2 (Warna Cokelat ) : Aduk santan panas, gula merah, dan gula pasir hingga larut, saring. Sisihkan. Aduk rata tepung beras, tepung kanji, garam, dan santan hangat. Tambahkan campuran santan-gula merah. Aduk rata, sisihkan.
3. Untuk Lapisan 3 (Warna Putih) : Campur rata semua bahan, masak di atas api kecil sambil diaduk hingga mengental. Angkat, sisihkan.
4. Tahap Penyelesaian : Tuang lapisan 1 ke dalam loyang persegi ukuran 24x24x7 cm yang sudah diolesi minyak dan dialasi plastik. Kukus dalam dandang panas hingga matang (+/- 20 menit).
5. Tuang lapisan 2, ratakan. Kukus hingga matang (+/- 20 menit).
6. Tuang lapisan 3, ratakan. Kukus kembali hingga matang (+/- 20 menit). Angkat. Setelah kue tidak panas lagi, potong-potong segi empat. Sajikan.

Untuk : 36 potong
Tag : KUE KUKUS
0 komentar untuk "Kue Putri Selat"

Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif !