Kue Tradisional | Kue Indonesia

LEPET KETAN KACANG TOLO

Lepet merupakan penganan tradisional khas Jawa dan Sunda yang dibungkus dengan daun janur (daun kelapa muda), terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan kacang-kacangan dan dimasak dengan santan. Penganan atau kue yang mirip dengan lepet ketan yang berasal dari Bali adalah jaje bantal.

Jenis kacang untuk campuran bahan isian lepet umumnya adalah kacang tanah, namun kacang jenis lain seperti kacang merah, kacang tolo, dan kacang koro. Bahkan varian dari lepet yakni lepet jagung menggunakan jagung pipilan sebagai campuran untuk bahan isian. Untuk resep lepet ketan ini, kacang yang digunakan adalah kacang tolo (kacang tunggak).

LEPET KETAN KACANG TOLO
BAHAN :
400 gr beras ketan, cuci, rendam 2 jam, tiriskan
60 gr kacang tolo (kacang tunggak), rendam 1 jam, tiriskan
150 gr kelapa setengah tua, kupas, parut memanjang
1/2 sdt garam halus
1 sdt gula pasir
Daun kelapa muda, lidi, dan tali secukupnya

CARA MEMBUAT :
1. Campur beras ketan, kelapa parut, kacang tolo, gula pasir, dan garam, aduk rata.
2. Siapkan daun kelapa muda, gulung menyerupai tabung/cerobong. Tekan bagian tengahnya dan semat dengan lidi di salah satu ujungnya. Tarik perlahan hingga terbentuk tabung sepanjang 10 cm.
3. Masukkan campuran ketan, sisakan ruang 2 cm untuk mengembangnya ketan. Kunci ujungnya dengan lidi. Ikat dengan tali agar pada saat dikukus ketan tidak keluar. Lakukan seterusnya hingga adonan habis.
4. Rebus lepet 3 jam atau hingga matang. Angkat dan dinginkan.

Untuk : +/- 15 buah
Tag : KUE KUKUS
0 komentar untuk "LEPET KETAN KACANG TOLO"

Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif !

Back To Top

Iklan