Kue Tradisional | Kue Indonesia

Kue Masuba

Kue masuba atau maksuba merupakan kue tradisional khas dari kota Palembang. Sekilas kue ini memiliki kemiripan dengan kue lapis legit yang sering menjadi suguhan istimewa dalam berbagai acara kekeluargaan dan sosial, termasuk di hari raya Idul Fitri.

Namun, jika dilihat lebih dekat dan detail, nampak perbedaan antara kedua kue ini, yakni garis-garis lapisan pada kue lapis legit terlihat jelas dan tertata rapi, namun pada kue masuba, garis-garis lapisan kue tersebut terlihat tidak rapi dan tidak rata. Begitu juga perbedaan pada tekstur kuenya, di mana tekstur kue lapis legit terlihat lembut dan halus, sementara pada kue masuba, tekstur kuenya agak kasar dan berminyak.

Sama seperti halnya kue lapis legit, kue masuba tergolong kue yang rumit dalam pembuatannya sehingga juga termasuk kue nusantara yang bernilai ekonomis cukup tinggi.

KUE MASUBA

BAHAN :
12 butir telur ayam
450 gr gula pasir
50 gr margarin, lelehkan bersama 250 ml air mendidih
400 ml fanta orange
2 kaleng susu kental manis
3 sdm sirup sunquick
500 ml air
1 bungkus agar-agar

CARA MEMBUAT :
1. Kocok telur bersama gula pasir sampai gula hancur. Saring. Tuangkan fanta orange, susu kental manis, sunquick, dan campuran margarin. Sisihkan.
2. Masak air bersama agar-agar. Setelah dingin, tuangkan ke campuran nomor 1.
3. Olesi mentega dan alasi kertas roti cetakan segi empat ukuran 24 cm. Tuang 3 sendok sayur adonan. Oven dengan menggunakan api bawah hingga kecokelatan. Kini tuang kembali 3 sendok sayur adonan. Oven kembali dengan api atas hingga kecokelatan. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.
4. Oven kembali kue selama 30 menit dengan menggunakan api bawah.
Tag : KUE PANGGANG
0 komentar untuk "Kue Masuba"

Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif !