Kue Tradisional | Kue Indonesia

Kue Lumpang Gula Merah

Kue lumpang gula merah ini merupakan salah satu variasi dan kreasi dari kue lumpang dengan ciri khas kue lumpang yang berwarna kecokelatan karena jenis gula yang digunakan adalah gula merah. Kue lumpang gula merah ini pastinya akan menjadi salah satu kue tradisional nusantara favorit yang digemari oleh anak-anak yang cenderung menyukai kue yang berwarna kecokelatan, ditambah lagi dengan bentuknya yang mungil dan lucu.

KUE LUMPANG GULA MERAH

BAHAN A :
800 gr gula merah
200 gr gula
1 sdt garam
800 ml air
Beberapa lembar daun pandan

BAHAN B :
800 gr tepung beras
4 sdm tepung kanji
2 sdt air kapur sirih
1000 ml air

PARUTAN/URAP KELAPA :
100 gr kelapa parut kasar
1/4 sdt garam

CARA MEMBUAT :
1. Masak semua Bahan A kue lumpang gula merah dengan api sedang sampai gula merah hancur, setelah itu tunggu sampai dingin.
2. Setelah dingin, masukkan Bahan B yakni tepung beras, tepung kanji, air kapur sirih. Aduk-aduk sampai licin, tambahkan air, lalu saring. Diamkan 15 menit.
3. Olesi cetakan dengan minyak makan dan isikan 3/4-nya saja.
4. Kukus di dalam kukusan yang sangat mendidih dengan api besar selama 30 menit hingga kue matang yang ditandai dengan munculnya cekungan di bagian tengah kue. Angkat kue dan keluarkan dari cetakan.
5. Untuk parutan/urap kelapa : Campur bahan menjadi satu hingga rata, kukus sebentar kurang lebih 5 menit agar lebih tahan lama. Dinginkan pada suhu ruangan.
6. Hidangkan kue lumpang gula merah dengan taburan parutan kelapa di atas atau di seluruh bagian kue.

TIPS :
* Jika kue lumpang kurang berlekuk, bisa jadi karena api yang kurang besar atau air kapur sirihnya kurang.
* Untuk kue lumpang gula merah ini, bisa ditambahkan lagi takaran garamnya dengan tujuan untuk menonjolkan rasa manis kue. Namun sebaiknya berhati-hati dalam penambahan agar tidak terlalu asin jadinya
Tag : KUE KUKUS
0 komentar untuk "Kue Lumpang Gula Merah"

Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif !