Resep Kue Tradisional | Kue Indonesia

Kue Lapis Surabaya

Sesuai namanya, kue lapis surabaya ini merupakan variasi dan kreasi dari kue lapis legit yang berasal dan dikembangkan dari kota Surabaya, dengan jumlah lapisan kue yang lebih sedikit dan lebih sederhana dalam pembuatannya.

Seperti halnya kue lapis legit, kue lapis surabaya ini juga merupakan kue nusantara yang dipengaruhi oleh seni kuliner kue barat, yang masuk kategori kue bolu jenis "sponge cake".

Kue lapis surabaya dengan tekstur yang lembut dan tampilan cantik ini cocok disajikan sebagai hidangan kue pada momen istimewa seperti Hari Raya Idul Fitri, Natal, dan Tahun Baru Imlek.

Kue Lapis Surabaya

BAHAN LAPISAN KUNING :
20 kuning telur
150 gr gula pasir
15 gr susu kental manis putih
40 gr tepung terigu
15 gr susu bubuk
200 gr margarin, dilelehkan
1 sdm pasta cokelat

BAHAN LAPISAN COKELAT:
10 kuning telur
75 gr gula pasir
1 sdm susu kental manis
20 gr tepung terigu
15 gr cokelat bubuk
1 sdm susu bubuk
100 gr margarin, lelehkan
3 buah loyang persegi 22 cm

CARA MEMBUAT :
1. Untuk Lapisan Kuning : Kocok kuning telur bersama gula pasir sampai kental, tambahkan susu kental manis. Kocok kembali sampai rata. Matikan mikser lalu masukkan tepung terigu dan susu bubuk sambil diayak dan diaduk rata. Tuang margarin yang telah dilelehkan sambil diaduk perlahan. Tuang adonan ke dalam dua buah loyang persegi 22 x 22 x 4 cm yang dioles margarin dan dialasi kertas roti.
2. Untuk Lapisan Cokelat : Lakukan hal yang sama untuk adonan cokelat, dengan menambahkan cokelat bubuk. Tuang adonan ke dalam loyang persegi ukuran 22 x 22 x 2 cm yang telah dialasi kertas roti dan diolesi margarin.
3. Panggang ketiga loyang dalam oven sampai matang. Angkat dan dinginkan.
4. Oles permukaan kue yang telah dingin dengan selai stroberi. Susun dengan warna kuning - cokelat - kuning.
Tag : KUE PANGGANG
0 komentar untuk "Kue Lapis Surabaya"

Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif !