Resep Kue Tradisional | Kue Indonesia

Kue Kering Kacang Tanah

Kue kering kacang tanah adalah salah satu kue kering populer yang terutama disajikan pada momen-momen perayaan seperti hari raya Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru, serta Tahun Baru Imlek. Dengan bahan utamanya berupa kacang tanah yang telah dikupas kulitnya, kue kering ini bisa dibuat dalam berbagai variasi bentuk seperti bentuk hati, bulat, persegi panjang, bulan sabit, dan bunga. Kue kering ini juga merupakan salah satu kue yang tetap diminati sejak zaman dahulu hingga sekarang karena cita rasanya yang lembut, renyah, dan gurih, serta proses pembuatannya yang cukup mudah dan sederhana.
Kue Kering Kacang Tanah

BAHAN :
250 gr kacang tanah yang sudah disangrai dan tanpa kulit
400 gr tepung terigu
150 gr gula, lebih bagus jika menggunakan gula halus
1/2–1 sdt garam atau secukupnya
200 gr minyak goreng atau margarin
2 butir kuning telur
Badam atau kenari atau wijen untuk taburan (opsional)
Mentega untuk polesan

CARA MEMBUAT :
1. Haluskan kacang tanah sampai benar-benar halus, kemudian campurkan tepung terigu, gula, dan garam. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata.
2. Tambahkan minyak goreng ataupun margarin yang sudah dicairkan ke dalam adonan.
3. Ambil sedikit adonan dan bentuk bulat-bulat pipih atau bisa juga bentuk lainnya sesuai selera pada sebuah loyang sampai semua adonan tercetak. Oleskan margarin di atas adonan.
4. Tambahkan badam ataupun kenari atau wijen di atas adonan kue. (lewati tahap ini jika tidak menggunakan bahan-bahan ini)
5. Masukkan semua adonan kue yang sudah dicetak tadi ke dalam oven dengan suhu antara 150-170 derajat Celcius selama kurang lebih 25-30 menit atau sampai kue matang.
6. Sesudah matang, dinginkan kue terlebih dahulu pada suhu ruangan. Kue kering kacang tanah pun sudah siap untuk dinikmati. Untuk menjaga kerenyahannya, bisa disimpan di dalam stoples atau wadah kedap udara lainnya.
0 komentar untuk "Kue Kering Kacang Tanah"

Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif !