Kue Tradisional | Kue Indonesia

KUE LEMPER ISI SERUNDENG

Kue lemper merupakan salah satu penganan tradisional khas Jawa yang populer di seluruh nusantara, terbuat dari beras ketan (nasi pulut) yang di bagian dalam biasanya diisi dengan bahan daging atau abon dan dibungkus dengan daun pisang, kemudian dikukus atau pun dibakar. Khusus untuk resep kue lemper ini tidak menggunakan bahan isi dari daging melainkan serundeng dengan cita rasa yang tidak kalah enaknya.

KUE LEMPER ISI SERUNDENG
BAHAN :
250 gr beras ketan putih, cuci bersih
300 ml santan kental dari 1 butir kelapa
1 lembar daun pandang, potong-potong
1/2 sdt garam halus
Daun pisang secukupnya Lidi atau tusuk gigi

BAHAN ISI SERUNDENG :
Parutan kelapa dari 1 butir kelapa
200 gr gula merah atau gula aren, sisir halus
6 butir bawang merah, haluskan
4 butir bawang putih, haluskan
2 batang serai, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
1 sdt garam halus

CARA MEMBUAT :
1. Untuk Serundeng : Campurkan bawang merah, bawang putih, serai, dan lengkuas dengan parutan kelapa. Masukkan garam dan gula merah. Aduk rata. Sangrai hingga kering dan giling halus. Serundeng siap digunakan sebagai bahan isi lemper.
2. Rendam beras ketan 2 jam, tiriskan. Kukus hingga setengah matang atau sekitara 15 menit. Angkat dan sisihkan.
3. Rebus santan, garam, dan daun pandan hingga mendidih. Angkat dan tuangkan santan panas ke dalam aron ketan, aduk rata.
Biarkan hingga santan meresap habis. Kukus kembali aron ketan selama 40 menit atau hingga beras ketan benar-benar matang. Angkat.
4. Ambil 2 sdm ketan, pipihkan, isi dengan 1/2 sdm serundeng. Bentuk menjadi bulat lonjong sambil ditekan-tekan supaya padat. Bungkus dengan daun pisang menyerupai lontong kecil dan semat dengan lidi pada kedua ujungnya. Lakukan seterusnya hingga adonan habis.
5. Kukus 15 menit dan angkat.
6. Olesi wajan datar dengan sedikit minyak, tata lemper di atasnya. Bakar hingga sebagian daun menguning. Angkat dan dinginkan.

Untuk : +/- 10 buah
0 komentar untuk "KUE LEMPER ISI SERUNDENG"

Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif !

Back To Top

Iklan