Kue Tradisional | Kue Indonesia

Kue Awug-Awug

Kue awug-awug merupakan kue tradisional Indonesia, mudah dikenali dengan ciri khas warna kuenya yang terdiri dua warna, biasanya warna merah dan putih, sesuai dengan warna bendera negara kita. Kue tradisional ini dibuat dari campuran tepung beras dan tepung ketan, dengan rasa kue yang manis dan tekstur lembut-kenyal.

Kue awug-awug yang ada di gambar dan resep ini merupakan kue awug-awug yang dikenal di daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Sementara kue awug yang merupakan jajanan tradisional khas Sunda di daerah Jawa Barat berbentuk kerucut dan terbuat dari bahan dasar tepung beras dengan campuran kelapa, daun pandan, dan gula merah, di mana bahan-bahan ini mirip dengan bahan yang digunakan untuk membuat kue putu.

Kue awug-awug yang memiliki ciri khas sesuai warna bendera negara kita ini tepat disajikan untuk ikut menyemarakkan kemeriahan suasana perayaan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

KUE AWUG-AWUG

BAHAN :
125 gr tepung beras
125 gr tepung ketan
250 gr kelapa parut kasar
150 gr gula pasir
1/2 sdt garam
6 sdm air
Pewarna merah makanan

CARA MEMBUAT :
1. Aduk tepung beras, tepung ketan, gula, garam dan kelapa, lalu masukkan air. Aduk hingga tepung berbutir-butir.
2. Bagi adonan menjadi 2 bagian. Satu bagian diberi warna merah, bagian lainnya dibiarkan putih.
3. Olesi cetakan/loyang persegi ukuran 15 x 15 cm dengan minyak, tuang adonan putih ke dalamnya. Ratakan permukaannya, lalu tambahkan adonan merah. Kukus sampai matang.

Untuk : 15 potong
Tag : KUE KUKUS
0 komentar untuk "Kue Awug-Awug"

Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif !