Resep Kue Tradisional | Kue Indonesia

Kue Kembang Goyang

Kue kembang goyang, populer dikenal juga dengan nama kue kembang loyang atau kue loyang di Sumatera dan Semenanjung Malaysia, merupakan salah satu kue tradisional nusantara yang populer disajikan sebagai kue hari raya Idul Fitri untuk para kerabat dan tamu yang bersilaturahmi karena rasanya yang renyah dan gurih.

Sementara bagi masyarakat Bali, khususnya pemeluk agama Hindu, biasanya memakai kue kembang goyang ini sebagai salah satu isi sesajian di hari raya keagamaan.

Sesuai namanya, kue kembang goyang bentuknya menyerupai bunga atau kembang yang sedang mekar. Kembang goyang sendiri merupakan nama sejenis perhiasaan yang dipasangkan di rambut atau sanggul (konde) dan dapat bergerak-gerak/bergoyang karena memiliki pegas. Bisa juga dinamakan kembang goyang karena proses pembuatan atau pencetakan kue ini yang harus digoyang-goyangkan pada saat menggorengnya.

Kue Kembang Goyang

BAHAN :
200 gr tepung beras
65 gr gula pasir halus
2 butir telur
1/2 sdt garam
250 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2 sdm wijen
Minyak untuk menggoreng

CARA MEMBUAT :
1. Campur tepung beras, gula pasir, garam dan wijen, aduk sampai merata.
2. Tuangkan telur dan santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk-aduk hingga tercampur rata.
3. Panaskan cetakan kembang goyang dalam minyak yang sudah dipanaskan.
4. Celupkan cetakan ke dalam adonan, kemudian masukkan ke dalam minyak sambil digoyang–goyang sampai kue terlepas dari cetakan.
5. Goreng kue sampai matang, kering dan berwarna kuning kecoklatan.
6. Angkat, tiriskan. Kue kembang goyang siap disajikan atau bisa disimpan dalam stoples kedap udara untuk menjaga kerenyahannya dan lebih tahan lama.

Untuk : 475 gram
0 komentar untuk "Kue Kembang Goyang"

Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif !