Kue Tradisional | Kue Indonesia

Kue Dodol

Kue dodol menduduki peringkat atas sebagai salah satu kue tradisional nusantara yang paling populer karena bisa dijumpai hampir di setiap penjuru nusantara dalam berbagai variasi nama, bentuk dan rasa. Di antaranya, di Sumatera Barat dikenal dengan nama gelamai, di Riau terkenal dengan nama lempuk, terutama lempuk duriannya yang khas, sedangkan di Jawa kita mengenal nama jenang.

Sementara dari Jawa Barat, semua orang pasti sudah mengenal dodol garut yang sudah menyebar dan dipasarkan ke seluruh nusantara secara komersial. Selain itu, dodol juga merupakan kue tradisional di Malaysia dan daerah selatan Filipina.

Kue dodol kadang disajikan sebagai hidangan kue khas pada saat hari raya Lebaran, terutama ditemukan di daerah pedesaan.



BAHAN :
500 gr tepung ketan
50 gr tepung beras
900 gr gula merah, iris halus
1 liter santan kental dari 2 butir kelapa
1 liter santan encer dari 1 butir kelapa
1/2 sdt garam halus
1 lembar daun pandan, potong-potong kasar
Daun pisang secukupnya sebagai alas

CARA MEMBUAT :
1. Didihkan santan kental bersama-sama gula merah, daun pandan, dan garam. Setelah keluar aroma daun pandan, angkat dan sisihkan daun pandannya.
2. Larutkan tepung ketan dan tepung beras dengan santan encer, aduk merata.
3. Tuangkan larutan tepung sedikit demi sedikit ke dalam rebusan santan kental dan gula merah sebelumnya, aduk terus sampai adonan matang dan menjadi kalis. Matikan api, dan angkat.
4. Tuang dodol yang masih dalam keadaan panas tersebut ke loyang yang sudah diberi alas pisang (untuk menambah aroma kue dodol), ratakan dan biarkan mendingin.
5. Potong dodol sesuai selera. Kue dodol yang enak siap disajikan.

Untuk : +/- 60 potong
Tag : KUE LAINNYA
0 komentar untuk "Kue Dodol"

Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif !