Sunday, November 25, 2012

KUE KUPING GAJAH











KUE KUPING GAJAH
Kue dengan motif istimewa menyerupai motif batik ini dinamakan kue kuping gajah karena bentuk kuenya yang unik, tipis, dan bulat melebar, menyerupai bentuk kuping gajah. Kue kuping gajah merupakan salah satu kue tradisional asli Indonesia yang cukup populer, yang cocok disajikan sebagai camilan di saat santai. Kue kuping gajah juga sering disajikan sebagai kue kering lebaran untuk para kerabat dan tamu saat kunjungan silahturahmi di hari raya Idul Fitri.

Kue kuping gajah selain manis, enak dan renyah, juga memiliki aneka variasi rasa tambahan, mulai dari rasa coklat, vanila hingga rasa moka. Kue kuping gajah ini dapat ditemui di pasar-pasar tradisional dan juga pasar swalayan. Namun, sekarang agak jarang dijumpai karena proses pembuatannya dianggap cukup rumit, mungkin dikarenakan kurangnya informasi. Padahal teknik pembuatannya cukup mudah dan bahan-bahannya juga mudah didapat seperti bisa dibaca pada resep kue kuping gajah di bawah ini.

Kue kuping gajah ini cocok dan aman dikonsumsi semua kalangan usia, karena tidak mengandung bahan pengawet dan pemanis buatan.

BAHAN :
150 gr tepung terigu
25 gr tepung maizena
2 butir telur
50 gr gula bubuk
1/2 sdm cokelat bubuk
1/2 sdt vanila
1/2 sdt garam
100 ml santan kental

CARA MEMBUAT :
1. Kocok telur bersama gula bubuk hingga kental, tambahkan vanila dan garam, aduk rata.
2. Campur tepung terigu dan maizena, tuangkan santan sedikit demi sedikit, aduk rata hingga adonan licin dan dapat dipulung.
3. Ambil 1/2 bagian adonan, tambahkan coklat bubuk, uleni hingga rata.
4. Gilas masing-masing adonan hingga setebal 0,5 cm, tumpuk adonan coklat dan putih kekuningan menjadi satu, tekan hingga melekat. Gulung hingga padat, bentuk adonan menjadi silinder, simpan sebentar dalam lemari pendingin.
5. Keluarkan adonan, potong melintang tipis, gilas kembali potongan adonan hingga tipis, sisihkan.
6. Goreng kue dalam minyak hangat hingga kue matang dan kering. Angkat, tiriskan. Sajikan. Bisa juga disimpan dulu dalam stoples kedap udara agar lebih tahan lama fan terjaga kerenyahannya.

Untuk : 300 gram

2 comments:

alia natalia said...

weeehhh..maknyus neh resepnya..aku mau coba ah..

Robertus Sutardi said...

Thank you for such an honest and informative post! This is the first time I've stumbled upon your blog, and I am so happy that I did.Travel Oh Travel

BINTANG KUE NUSANTARA BULAN INI BERDASARKAN KLIK TERBANYAK DARI PENGUNJUNG BLOG
KUE AKAR KELAPA
KUE AKAR KELAPA
Memang unik dan spesial nama kue camilan tradisional nusantara yang satu ini. Dinamakan kue akar kelapa karena bentuknya memang mirip dengan akar kelapa yang bergelombang penuh liukan. Kue akar kelapa juga dikenal dengan nama lain yakni kue kaktus, karena menyerupai batang pohon kaktus yang bergerigi (berduri).
Blog Aneka Resep Kue Nusantara bisa menjadi sumber referensi bagi para pencinta kuliner yang hobi membuat kue, yang sedang mencari resep kue tradisional nusantara Indonesia karena koleksi resep kuenya sudah lumayan banyak, cukup lengkap dan akan terus bertambah.

Blog Aneka Resep Kue Nusantara berisi koleksi berbagai resep kue tradisional nusantara, disertai penjelasan ringkas, dari berbagai daerah di Indonesia dan kue nusantara populer lainnya yang mendapat pengaruh dari negara luar seperti Tiongkok dan Belanda karena interaksi ekonomi, sosial, dan persilangan budaya yang sudah berlangsung selama ratusan tahun.
BLOG ANDA BERISIKO DIHAPUS BLOGGER DAN GOOGLE JIKA COPAS ARTIKEL YANG SAMA PERSIS TANPA MENCANTUMKAN SUMBER LINK BLOG KUE NUSANTARA INI.
DMCA.com Food & Drink Blogs
Aneka Resep Kue Nusantara Oleh Rating : 5.0
Template by Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template