KUE NAGASARI


KUE NAGASARI
Kue nagasari ini merupakan salah satu kue tradisional khas Jawa yang cukup banyak peminatnya di Indonesia. Bahan untuk pengisinya biasanya berupa pisang. Kue nagasari biasanya dibungkus dengan daun pisang sehingga sangat terasa nuansa tradisionalnya. Bentuk dan tampilan kue nagasari memiliki kemiripan dengan kue pisang yang dibuat dengan menggunakan tepung hunkue. Kue nagasari ukurannya pun lebih tebal daripada kue pisang.

BAHAN :
250 gr tepung beras
2 sdm tepung sagu
175 gr gula pasir
1/2 sdt garam
2 lembar daun pandan, sobek-sobek, buat simpul
1/4 sdt pasta (bubuk vanili)
850 ml santan dari 1 1/2 butir kelapa
8–9 pisang raja, potong membulat tebal 1 cm
Daun pisang secukupnya untuk membungkus

CARA MEMBUAT :
1. Larutkan tepung beras dengan sebagian santan, aduk rata dan sisihkan.
2. Didihkan sisa santan, gula, daun pandan, vanili dan garam sambil diaduk. Masukkan larutan tepung beras sedikit demi sedikit ke dalam santan panas sambil diaduk. Masak di atas api sedang hingga setengah matang (adonan mengental).
3. Angkat dari api, taburkan tepung sagu sambil diaduk rata.
4. Ambil 1 lembar daun pisang, masukkan 1 sdm adonan tepung, beri 1 potong pisang, tutup kembali dengan 1 sdm adonan tepung. Bungkus seperti melipat amplop (lipat kedua sisinya ke tengah). Lakukan seterusnya sampai adonan habis.
5. Kukus kue dengan api besar kurang lebih 20 menit atau hingga kue matang. Angkat, rapikan daunnya dan dinginkan. Kue siap disajikan.
Tag : KUE KUKUS
0 Komentar untuk "KUE NAGASARI"

Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif !

Back To Top