Sunday, August 22, 2010

KUE SARANG SEMUT











KUE SARANG SEMUT

Bentuk tampilan, warna, aroma, dan tekstur kue sarang semut yang unik sangat menggoda selera setiap orang untuk mencicipinya. Warna cokelat kehitaman pada kue sarang semut berasal dari gula pasir yang dipanaskan hingga menjadi karamel. Karenanya, masyarakat di Pulau Sumatera menyebut kue sarang semut ini dengan nama bika karamel. Kue sarang semut juga dikenal dengan nama bolu karamel.

Salah satu keunikan yang menjadi ciri khas dan asal nama kue sarang semut adalah tekstur kuenya yang berongga-rongga seperti sarang semut. Kue sarang semut yang banyak digemari ini biasanya sering disajikan sebagai salah satu kue hari raya dan juga perayaan lainnya seperti pesta pernikahan, acara kenduri, acara selamatan atau syukuran serta acara sosial keagamaan lainnya.

BAHAN :
200 gr margarin/mentega, cairkan
200 gr gula pasir
200 ml air
150-200 ml susu kental manis (tergantung tingkat kemanisan yang diinginkan)
100 gr tepung terigu
1 sdt soda kue
5 butir telur

CARA MEMBUAT :
1. Panaskan gula hingga menjadi karamel, beri air, aduk hingga gula karamel larut. Dinginkan.
2. Kocok telur hingga agak pucat dan berbuih, masukkan susu, kocok hingga rata.
3. Tambahkan tepung, mentega cair, aduk rata lalu masukkan air karamel dan soda kue. Aduk rata kembali.
4. Tuang ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung tipis. Panggang dengan suhu 150 °C hingga matang (lebih kurang 45 menit)
5. Tunggu hingga benar-benar dingin sebelum dipotong.

NB : Adonan sebelum dipanggang memang terlihat cair.

4 comments:

Anonymous said...

Panggang nya berapa lama ya?

nurul said...

pake loyang yg ukuran berapa ya...??

Kue Nusantara said...

@Anonymous
Panggangnya lebih kurang 45 menit dengan suhu 150 °C. Informasi ini sudah saya tambahkan. Terima kasih atas perhatiannya...

Kue Nusantara said...

@nurul
Bisa dipakai loyang bundar yang berlobang di tengahnya, yang biasa dipakai untuk membuat kue chiffon...:)

BINTANG KUE NUSANTARA BULAN INI BERDASARKAN KLIK TERBANYAK DARI PENGUNJUNG BLOG
KUE AKAR KELAPA
KUE AKAR KELAPA
Memang unik dan spesial nama kue camilan tradisional nusantara yang satu ini. Dinamakan kue akar kelapa karena bentuknya memang mirip dengan akar kelapa yang bergelombang penuh liukan. Kue akar kelapa juga dikenal dengan nama lain yakni kue kaktus, karena menyerupai batang pohon kaktus yang bergerigi (berduri).
Blog Aneka Resep Kue Nusantara bisa menjadi sumber referensi bagi para pencinta kuliner yang hobi membuat kue, yang sedang mencari resep kue tradisional nusantara Indonesia karena koleksi resep kuenya sudah lumayan banyak, cukup lengkap dan akan terus bertambah.

Blog Aneka Resep Kue Nusantara berisi koleksi berbagai resep kue tradisional nusantara, disertai penjelasan ringkas, dari berbagai daerah di Indonesia dan kue nusantara populer lainnya yang mendapat pengaruh dari negara luar seperti Tiongkok dan Belanda karena interaksi ekonomi, sosial, dan persilangan budaya yang sudah berlangsung selama ratusan tahun.
BLOG ANDA BERISIKO DIHAPUS BLOGGER DAN GOOGLE JIKA COPAS ARTIKEL YANG SAMA PERSIS TANPA MENCANTUMKAN SUMBER LINK BLOG KUE NUSANTARA INI.
DMCA.com Food & Drink Blogs
Aneka Resep Kue Nusantara Oleh Rating : 5.0
Template by Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template