Resep Kue Tradisional | Kue Indonesia

Risoles Sayuran

Risoles aslinya merupakan sejenis kue pastri bercita rasa barat yang diperkenalkan ke Indonesia seiring zaman kolonialisasi Belanda di Indonesia. Risoles menjadi salah satu kue Indonesia yang populer karena cita rasa dan bahan isinya yang sudah dimodifikasi sesuai selera masyarakat Indonesia.

Biasanya bahan pengisi risoles berisi olahan beraneka sayuran seperti yang biasa dipakai dalam kue pastel sayuran. Risoles sayuran ini menggunakan campuran beraneka jenis sayuran terutama wortel, kol, taoge, bengkuang, serta daun bawang. Biasanya risoles dinikmati sebagai kudapan atau makanan ringan di saat santai.

Risoles juga merupakan salah satu penganan yang sering ditemukan dalam berbagai acara pesta seperti peresmian kantor, pernikahan, ulang tahun, syukuran, dan acara sosial kekeluargaan lainnya.

Risoles Sayuran

BAHAN ISI RISOLES :
60 gr wortel, potong korek api
60 gr kol, iris halus
60 gr taoge
60 gr bengkuang, potong korek api
1 batang daun bawang, iris halus
3 siung bawang putih, haluskan
4 butir bawang merah, haluskan
1 sdt gula pasir
1 sdm kecap asin
1 sdt ketumbar, haluskan
1/2 sdt lada halus
1/2 sdt garam halus
2 sdm minyak goreng

BAHAN KULIT RISOLES :
150 gr tepung terigu protein sedang
1 butir telur, kocok lepas
300 ml air
1/4 sdt garam halus
Minyak goreng

BAHAN PELAPIS :
2 butir telur, kocok lepas
60 gr tepung panir

CARA MEMBUAT :
1. Untuk Bahan Isi Risoles : Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih dan ketumbar hingga harum. Masukkan wortel, kol, daun bawang serta taoge. Bumbui dengan lada, garam, kecap asin dan gula pasir. Masak sambil sesekali diaduk hingga semua bahan matang. Angkat dan sisihkan.
2. Untuk Bahan Kulit Risoles : Campur tepung terigu dengan air, telur dan garam, aduk rata. Saring. Panaskan wajan datar anti lengket yang telah diberi sedikit minyak. Tuang satu sendok sayur adonan kulit. Buat dadar tipis. Lakukan hingga adonan habis. Sisihkan.
3. Ambil satu lembar kulit risoles. Masukkan 2 sendok makan bahan isi. Lipat dan gulung. Lakukan hingga habis.
4. Celupkan risoles ke dalam kocokan telur dan gulingkan ke atas tepung panir hingga seluruh permukaan terselimuti tepung.
5. Panaskan minyak, goreng risoles hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan, angkat. Atur di dalam piring saji. Hidangkan hangat.

Untuk : 15 buah
Tag : KUE GORENG
0 komentar untuk "Risoles Sayuran"

Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif !