Sekilas Kue Nusantara

Kue Nusantara adalah kue atau penganan khas yang berasal dari berbagai daerah dan pulau di seluruh Indonesia, bercita rasa khas tradisional Indonesia, dengan bahan-bahan dasar tersedia melimpah yang dihasilkan dari bumi Pertiwi, seperti tepung beras, tepung tapioka, tepung ketan, tepung sagu dan santan kelapa, sehingga akrab dengan selera lidah kita sejak kecil.

Inilah salah satu faktor pesona dan daya tarik kue nusantara sehingga sampai sekarang masih sangat diminati oleh berbagai kalangan di tengah-tengah serbuan toko-toko bakery yang menjual kue-kue modern Barat, seperti roti, donat, pastry dan bolu.

Kue atau penganan khas Indonesia ini juga popular disebut kue tradisional, sehingga di benak banyak orang timbul kesan adanya pemakaian bahan dan berbagai peralatan membuat kue, cetakan yang di jaman serba modern sekarang ini sudah jarang ditemukan.

Sebenarnya berbagai peralatan dan cetakan yang dibutuhkan untuk membuat kue nusantara ini masih bisa dijumpai di berbagai pasar tradisional, bahkan di kota-kota besar sekalipun.

Teknik pembuatan kue nusantara yang sebagian besar menggunakan proses mengukus, merebus dan menggoreng, sehingga kue-kue nusantara Indonesia tidak tahan lama. Sementara kue nusantara yang matang karena proses pemanggangan dan pembakaran jenisnya tidak banyak. Kue tradisional Indoensia yang matang karena proses pemanggangan ini biasanya bisa lebih tahan lama.

Perbedaan yang kentara dari bahan-bahan dan teknik pembuatan yang digunakan menyebabkan cita rasa kue-kue tradisional Indonesia sangat khas, yang berbeda sekali dengan kue-kue Barat yang banyak menggunakan telur dan mentega serta kebanyakannya melalui proses pemanggangan dengan menggunakan oven.

Penggunaan santan buah kelapa yang banyak dijumpai sebagai salah satu bahan utama pembuatan kue nusantara ini dikarenakan akan menghasilkan tekstur kue yang kenyal, lunak, lembut dan gurih.

Ada beberapa jenis kue nusantara yang sebenarnya bukan merupakan kue asli Indonesia, di antaranya berasal dari negeri Tiongkok (China) dan Belanda, tetapi sudah sangat popular, akrab dan diminati oleh berbagai lapisan masyarakat. Kue-kue ini masuk ke Indonesia seiring datangnya orang Tionghoa ke bumi nusantara dan kolonialisasi Belanda ratusan tahun silam, serta melalui proses interaksi ekonomi, sosial dan budaya yang berlangsung selama ratusan tahun.

Baca resep kue nusantara ini selengkapnya...
BINTANG KUE NUSANTARA BULAN INI BERDASARKAN KLIK TERBANYAK DARI PENGUNJUNG BLOG
KUE CUBIT
KUE CUBIT
Kue cubit adalah kue tradisional khas Betawi yang merupakan jajanan populer di Jakarta. Kue cubit ini mempunyai bentuk yang menarik dengan ukuran yang mungil sehingga banyak disukai oleh anak-anak dan biasanya ditemukan dijual di depan sekolah-sekolah. Sebagai bahan utamanya, kue cubit menggunakan campuran susu dan tepung terigu.
Blog Aneka Resep Kue Nusantara bisa menjadi sumber referensi bagi para pencinta kuliner yang hobi membuat kue, yang sedang mencari resep kue tradisional nusantara Indonesia karena koleksi resep kuenya sudah lumayan banyak, cukup lengkap dan akan terus bertambah.

Blog Aneka Resep Kue Nusantara berisi koleksi berbagai resep kue tradisional nusantara, disertai penjelasan ringkas, dari berbagai daerah di Indonesia dan kue nusantara populer lainnya yang mendapat pengaruh dari negara luar seperti Tiongkok dan Belanda karena interaksi ekonomi, sosial, dan persilangan budaya yang sudah berlangsung selama ratusan tahun.
BLOG ANDA BERISIKO DIHAPUS BLOGGER DAN GOOGLE JIKA COPAS ARTIKEL YANG SAMA PERSIS TANPA MENCANTUMKAN SUMBER LINK BLOG KUE NUSANTARA INI.
DMCA.com Food & Drink Blogs
Aneka Resep Kue Nusantara Oleh Rating : 5.0
Template by Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template