Kamis, 20 Januari 2011

KUE PUKIS COKELAT

KUE PUKIS COKELAT
Inilah salah satu kue nusantara yang paling populer. Kue pukis mudah ditemui di berbagai tempat, mulai dari pasar tradisional, pasar ritel modern, toko kue sampai penjual kue di kaki lima dan tepi jalan. Kue pukis memiliki tekstur kue yang lembut dan rasa yang enak dengan aroma yang wangi. Kue pukis bisa ditemukan dalam berbagai variasi rasa, seperti rasa pandan, jagung, nenas, pisang, strawberry dan tentunya cokelat yang resepnya disajikan di sini.

BAHAN :
175 gr tepung terigu
100 gr gula pasir
175 ml santan matang kental
4 kuning telur
2 putih telur
1/2 sdm ragi instant
5 sdm air hangat
1/4 sdt vanili
1/4 sdt baking soda
1 sdm susu bubuk
1 sdm cokelat bubuk

CARA MEMBUAT :
1. Campur ragi instant dan air hangat, aduk sampai larut.
2. Kocok telur dan gula pasir sampai lembut. Masukkan tepung terigu bersama vanili, baking soda dan susu bubuk, aduk rata.
3. Tambahkan santan matang dan ragi yang telah dicairkan, aduk rata. Diamkan/istirahatkan selam 2 jam.
4. Untuk membuat adonan cokelat, ambil 150 ml adonan, tambahkan cokelat bubuk, aduk rata.
5. Siapkan cetakan (loyang) kue pukis, olesi sedikit margarin. Setelah cetakan (loyang) panas, tuangkan adonan sampai 3/4 cetakan penuh, tambahkan adonan cokelat.
6. Panggang sampai adonan naik dan matang, angkat. Kue pukis cokelat lebih enak jika disajikan hangat.

Untuk : 20 buah

Baca resep kue nusantara ini selengkapnya...

Sabtu, 15 Januari 2011

KUE LEMPER GLUTEN

KUE LEMPER GLUTEN


Kue lemper dengan bahan isi gluten ini merupakan kreasi dari kue lemper sebagai alternatif untuk mereka yang menyukai penganan berbahan nabati semua.

BAHAN LEMPER :
200 gr beras ketan, rendam selama 1 jam
350 ml santan
1/2 sdt garam
Daun pisang dan kertas roti secukupnya untuk membungkus

BAHAN ISI LEMPER :
200 gr gluten rebus
1 sdm kecap manis
1/4 sdt merica bubuk
1/8 sdt pala bubuk
1/2 sdt garam
1 sdm minyak goreng

CARA MEMBUAT :
UNTUK BAHAN LEMPER :
1. Kukus beras ketan selama 20 menit. Sementara itu, rebus santan yang dicampur garam sampai mendidih.
2. Angkat beras ketan lalu tuangkan santan panas. Aduk hingga terserap. Kukus lagi sampai matang.

UNTUK ISI LEMPER :
3. Panaskan minyak, lalu masukkan gluten yang sudah dicincang. Tuang kecap, merica, pala, dan garam. Angkat lalu cincang halus lagi. Sisihkan.

4. Tipiskan beras ketan lalu tambahkan isi. Gulung lalu tutup dengan daun pisang dan kertas roti. Kue Lemper gluten siap untuk disajikan.

Untuk 12 buah.

Baca resep kue nusantara ini selengkapnya...

Selasa, 11 Januari 2011

KUE TALAM UBI JALAR

KUE TALAM UBI JALAR
Kue talam ubi jalar ini merupakan salah satu variasi kue talam, terdiri dari dua lapisan yakni lapisan bawah yang berwarna kuning yang berasal dari warna ubi jalar dan lapisan atas yang berwarna putih yang berasal dari campuran tepung beras, kanji dan santan.

Bentuk kue talam yang mungil ini adalah hasil dari cetakan kue mangkok yakni cawan kecil keramik atau cucing. Kue talam ubi jalar dengan rasa manis merupakan salah satu kue tradisional yang populer disajikan sebagai hidangan kue untuk menu berbuka puasa di bulan Ramadhan.

BAHAN LAPISAN BAWAH :
300 gr ubi jalar, lebih bagus jika yang warnanya kuning kemerah-merahan
60 gr tepung kanji
50 gr tepung beras
125 gr gula pasir
250 ml santan kental dari 1 butir kelapa
1 sdt agar-agar bubuk
1/2 sdt garam halus

BAHAN LAPISAN ATAS :
2 sdm tepung beras
25 gr tepung kanji
150 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa
25 ml (+/-5 sdm) air panas
1/2 sdt garam halus

CARA MEMBUAT :
Untuk Lapisan Atas :
1. Kupas ubi jalar, kukus sampai matang, haluskan selagi panas. Campur ubi halus dengan tepung beras, tepung kanji, santan, agar-agar, gula pasir, dan garam sampai lembut lalu saring dan sisihkan.
2. Siapkan cetakan kue talam (cucing) yang sudah diolesi minyak goreng. Tuangkan adonan ubi ke dalam cetakan cucing sampai setinggi 3/4 cetakan. Kukus selama 10 menit atau sampai adonan mengeras.

Untuk Lapisan Bawah :
3. Campurkan tepung beras, tepung kanji, dan garam, kemudian diaduk rata. Tuang air panas dan santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai campuran merata. Saring.
4. Tuang adonan tersebut ke atas lapisan bawah sebelumnya hingga cetakan penuh. Kukus kembali 20 menit atau sampai kue matang. Angkat, dinginkan. Kue talam ubi siap untuk disajikan.

Untuk : 20 buah

Baca resep kue nusantara ini selengkapnya...

Sabtu, 08 Januari 2011

BOLU KUKUS

BOLU KUKUS

Kue bolu kukus merupakan salah satu kue nusantara yang sangat populer dan mudah ditemukan. Bentuk bolu kukus menyerupai bunga yang sedang mekar dan merekah indah merupakan salah satu daya tarik kue bolu kukus ini, selain rasanya yang manis dan tekstur kue yang lembut di lidah. Kue bolu kukus yang bentuknya menyerupai kue mangkok ini memang merupakan kue khas Indonesia yang mendapat pengaruh Tionghoa dari kue mangkok tersebut.

Tantangan yang terutama dihadapi dalam pembuatan kue bolu kukus ini adalah apakah bolu kukusnya bisa mekar merekah atau tidak gundul, teksturnya tidak terasa keras serta tidak bantat.

BAHAN :
300 gram tepung terigu
250 gram gula pasir
5 butir kuning telur ayam
4 putih telur ayam
1/2 sdt soda kue
175 cc air soda tanpa rasa (bisa memakai Sprite atau 7Up)
1/2 sdt vanila
1 sdm cokelat bubuk
1/4 sdt pewarna cokelat/pasta cokelat
Paper cup/kertas minyak/kertas roti untuk alas cetakan

CARA MEMBUAT :
1. Kocok telur, gula dan vanila sampai kental dan mengembang, lalu masukkan bergantian, 1/2 bagian tepung, 1/2 bagian air soda, begitu seterusnya sampai adonan habis, aduk rata.
2. Ambil 5 sdm adonan, tambahkan pewarna cokelat dan cokelat bubuk, aduk rata, sisihkan.
3. Siapkan dan beri alas kurang lebih 20 cetakan bolu kukus dengan paper cup/kertas roti, lalu masukkan ke dalam panci kukus yang airnya sedang mendidih.
4. Tuang adonan ke dalam cetakan sampai hampir penuh lalu tambahkan 1-2 sdt adonan yang diberi pewarna cokelat dan cokelat bubuk. Lakukan sampai adonan habis.
5. Tutup panci kukusan, kukus dengan api besar +/- 20 menit atau sampai kue matang dan merekah di bagian atasnya. Angkat, dinginkan. Bolu kukus siap untuk disajikan.

Untuk : 20 buah

Baca resep kue nusantara ini selengkapnya...

Rabu, 05 Januari 2011

KUE KU (KUE KURA-KURA)

KUE KU KURA_KURA
Kue Ku adalah nama kue tradisional yang sebenarnya berasal dari negeri Tiongkok, namun sudah populer di bumi nusantara, karena sering tampil sebagai pendamping tumpeng. "Ku", adalah kata dalam bahasa Tionghoa dialek Hokkian, jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia artinya adalah Kura-Kura. Jadi Kue Ku sebenarnya adalah Kue Kura-Kura, karena bentuknya yang menyerupai kura-kura. Kue Ku telah ikut memperkaya khazanah kue nusantara.

BAHAN ISI :
200 gr kacang hijau kupas, rendam 2 jam
125 gr gula pasir
200 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1/2 sdt garam halus
1/4 sdt vanili
3 sdm minyak goreng
2 lembar daun pandan, dipotong-potong

BAHAN ADONAN UNTUK KULIT KUE KU :
300 gr tepung ketan
300 ml santan mendidih dan kental dari 1 butir kelapa
75 gr gula pasir
1 sdt pewarna merah cair
Daun pisang secukupnya
Minyak goreng secukupnya untuk mengolesi daun pisang sebagai alas

CARA MEMBUAT :
1. Untuk Bahan Isi : Kukus kacang hijau sampai empuk dan matang, haluskan. Campur kacang hijau halus, gula pasir, santan, vanili, garam, dan daun pandan, masak dengan api kecil sambil diaduk sampai terbentuk adonan yang kalis dan dapat dibentuk. Angkat dan dinginkan.
2. Untuk Bahan Kulit : Campur tepung ketan dengan gula pasir. Tambahkan santan panas sedikit semi sedikit sambil diuleni sampai tidak melekat di tangan dan dapat dibentuk. Beri pewarna merah, uleni lagi sampai rata.
3. Ambil 1 sdm adonan kulit, bentuk bulat dan pipihkan. Beri isi dengan 1/2 sdm bahan isi kacang hijau. Rapatkan, kemudian letakkan ke dalam cetakan kue ku yang telah ditaburi sedikit tepung ketan, sambil ditekan-tekan.
4. Ketuk dan keluarkan kue dari cetakan. Letakkan di atas selembar daun pisang yang sudah dipotong sesuai bentuk kue dan diolesi sedikit minyak goreng. Lakukan seterusnya sampai adonan habis.
5. Kukus adonan selama lebih kurang 20 menit dengan api sedang sampai kue matang.
6. Angkat, kemudian olesi permukaan kue dengan minyak goreng. Dinginkan. Kue Ku siap untuk disajikan.

Untuk : +/- 15 buah

Baca resep kue nusantara ini selengkapnya...

Minggu, 02 Januari 2011

KUE LAPIS LEGIT

KUE LAPIS LEGIT

Kue lapis legit adalah kue yang terdiri dari banyak lapisan yang tipis-tipis, sehingga diperlukan ketelatenan dan kesabaran dalam membuat kue lapis legit ini. Dikenal juga dengan nama kue spekuk atau "spekkoek" dalam bahasa Belanda, yang menunjukkan pengaruh seni kuliner kue Belanda di bumi nusantara pada pada zaman kolonial Belanda.

Walaupun bukan merupakan kue asli Indonesia, namun kue lapis legit telah menjadi kue yang populer dan disukai masyarakat Indonesia sehingga kehadirannya turut memperkaya khazanah kue-kue Indonesia. Bahkan kue lapis legit telah menjadi ikon kue khas Indonesia yang sudah terkenal hingga ke manca negara.

Kue lapis legit menggunakan bumbu spekuk yang merupakan campuran dari berbagai jenis rempah seperti kayu manis, cengkeh, bunga pala dan kapulaga, sehingga menghasilkan kue lapis legit dengan aroma bumbu rempah yang sangat khas. Kue lapis legit yang istimewa ini biasanya menjadi suguhan khusus kepada para tamu dan kerabat pada momen hari raya Idul Fitri, Natal, dan Tahun Baru Imlek.

BAHAN :
350 gr mentega
150 gr margarin
250 gr gula halus
50 gr tepung terigu protein sedang, diayak
30 butir kuning telur
3 sdm susu bubuk
1 sdm bumbu spekuk siap pakai
Kertas roti untuk alas loyang

CARA MEMBUAT :
1. Campur mentega, margarin dan gula halus. Kocok hingga lembut.
2. Masukkan kuning telur satu per satu sambil terus kocok adonan hingga putih dan mengembang.
3. Masukkan susu bubuk, tepung terigu dan bumbu spekuk sedikit demi sedikit sambil terus dikocok rata.
4. Tuangkan satu sendok sayur adonan dalam loyang yang telah dilapisi kertas roti dan diolesi margarin. Panggang dalam oven dengan api atas 200°C selama 5 menit sampai kecoklatan.
5. Keluarkan loyang dari oven, tekan-tekan kue menggunakan alat khusus hingga permukaan kue rata.
6. Tuangkan lagi satu sendok sayur adonan di atas lapisan pertama. Panggang kembali selama 5 menit dengan api atas. Lakukan proses yang sama hingga adonan habis.
7. Jika adonan telah habis dan proses pelapisan selesai, panggang kue dalam oven dengan api atas dan api bawah hingga matang. Angkat, dinginkan. Sajikan kue lapis legit dalam potongan-potongan kecil sesuai selera.

NB : Bagi yang kurang suka dengan aroma bumbu spekuk, maka penggunaannya bisa ditiadakan.

Baca resep kue nusantara ini selengkapnya...

Sabtu, 01 Januari 2011

KUE BAPEL

KUE BAPEL

Kue bapel populer dikenal juga dengan nama kue wafel. Meskipun kue bapel ini sebenarnya bukan merupakan kue asli Indonesia karena bernuansa Belanda atau Eropa, tetapi kue ini termasuk kue yang sudah sangat memasyarakat dan disukai oleh berbagai kalangan di tanah air. Aroma dan bentuknya sangat menggoda selera setiap orang untuk mencicipinya, ditambah dengan rasanya yang lembut dan enak cocok untuk menemani minum teh/kopi sore.

BAHAN ADONAN :
300 gr tepung terigu
6 butir telur
200 gr gula pasir
350 ml santan
1/2 sdt garam
2 sdm mentega leleh

BAHAN BIANG :
1 sdm ragi instan
50 ml air hangat
1 sdt gula pasir

CARA MEMBUAT :
1. Campur semua bahan biang, diamkan hingga mengembang.
2. Kocok telur dan gula hingga mengembang dan kental, masukkan adonan biang dan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
3. Tambahkan santan, garam, sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Diamkan adonan selama 30 menit hingga mengembang.
4. Panaskan kedua sisi cetakan kue bafel di atas api kecil, oles dengan margarin, tuang adonan ke dalam cetakan hingga penuh. Tutup rapat cetakan lalu bolak-balik hingga kedua sisi kue berwarna kecokelatan. Panggang hingga matang merata.
5. Lakukan seterusnya hingga seluruh adonan habis.

Untuk 25 buah

Baca resep kue nusantara ini selengkapnya...
DMCA.com Protection Status Top food_drink blogs best food & drink blogs blogs Protected by Copyscape Plagiarism Finder Display PR of Website Food & Drink Blogs
© 2009-2014 Aneka Resep Kue Nusantara ™ Kukus | Goreng | Panggang | Rebus | Kue Hari Raya - by Blogger - Thanks Google | Adsense Template by Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template
Aneka Resep Kue Nusantara ™ oleh Rating : 4.75