Resep Kue Tradisional | Kue Indonesia

Kue Talam Ubi Jalar

Kue talam ubi jalar ini merupakan salah satu variasi kue talam, terdiri dari dua lapisan yakni lapisan bawah yang berwarna kuning yang berasal dari warna ubi jalar dan lapisan atas yang berwarna putih yang berasal dari campuran tepung beras, kanji dan santan.

Bentuk kue talam yang mungil ini adalah hasil dari cetakan kue mangkuk yakni cawan kecil keramik atau cucing. Kue talam ubi jalar dengan rasa manis merupakan salah satu kue tradisional yang populer disajikan sebagai hidangan kue untuk menu berbuka puasa di bulan Ramadhan.

Kue Talam Ubi Jalar

BAHAN LAPISAN BAWAH :
300 gr ubi jalar, lebih bagus jika yang warnanya kuning kemerah-merahan
60 gr tepung kanji
50 gr tepung beras
125 gr gula pasir
250 ml santan kental dari 1 butir kelapa
1 sdt agar-agar bubuk
1/2 sdt garam halus

BAHAN LAPISAN ATAS :
2 sdm tepung beras
25 gr tepung kanji
150 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa
25 ml (+/-5 sdm) air panas
1/2 sdt garam halus

CARA MEMBUAT :
Untuk Lapisan Atas :
1. Kupas ubi jalar, kukus sampai matang, haluskan selagi panas. Campur ubi halus dengan tepung beras, tepung kanji, santan, agar-agar, gula pasir, dan garam sampai lembut lalu saring dan sisihkan.
2. Siapkan cetakan kue talam (cucing) yang sudah diolesi minyak goreng. Tuangkan adonan ubi ke dalam cetakan cucing sampai setinggi 3/4 cetakan. Kukus selama 10 menit atau sampai adonan mengeras.

Untuk Lapisan Bawah :
3. Campurkan tepung beras, tepung kanji, dan garam, kemudian diaduk rata. Tuang air panas dan santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai campuran merata. Saring.
4. Tuang adonan tersebut ke atas lapisan bawah sebelumnya hingga cetakan penuh. Kukus kembali 20 menit atau sampai kue matang. Angkat, dinginkan. Kue talam ubi siap untuk disajikan.

Untuk : 20 buah
Tag : KUE KUKUS
0 komentar untuk "Kue Talam Ubi Jalar"

Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif !