Resep Kue Tradisional | Kue Indonesia

Kue Lapis Legit

Kue lapis legit adalah kue yang terdiri dari banyak lapisan yang tipis-tipis, sehingga diperlukan ketelatenan dan kesabaran dalam membuat kue lapis legit ini. Dikenal juga dengan nama kue spekuk atau "spekkoek" dalam bahasa Belanda, yang menunjukkan pengaruh seni kuliner kue Belanda di bumi nusantara pada pada zaman kolonial Belanda.

Walaupun bukan merupakan kue asli Indonesia, namun kue lapis legit telah menjadi kue yang populer dan disukai masyarakat Indonesia sehingga kehadirannya turut memperkaya khazanah kue-kue Indonesia. Bahkan kue lapis legit telah menjadi ikon kue khas Indonesia yang sudah terkenal hingga ke manca negara.

Kue lapis legit menggunakan bumbu spekuk yang merupakan campuran dari berbagai jenis rempah seperti kayu manis, cengkeh, bunga pala dan kapulaga, sehingga menghasilkan kue lapis legit dengan aroma bumbu rempah yang sangat khas.

Kue lapis legit yang istimewa ini biasanya menjadi suguhan khusus kepada para tamu dan kerabat pada momen hari raya Idul Fitri, Natal, dan Tahun Baru Imlek.

Kue Lapis Legit

BAHAN :
350 gr mentega
150 gr margarin
250 gr gula halus
50 gr tepung terigu protein sedang, diayak
30 butir kuning telur
3 sdm susu bubuk
1 sdm bumbu spekuk siap pakai
Kertas roti untuk alas loyang

CARA MEMBUAT :
1. Campur mentega, margarin dan gula halus. Kocok hingga lembut.
2. Masukkan kuning telur satu per satu sambil terus kocok adonan hingga putih dan mengembang.
3. Masukkan susu bubuk, tepung terigu dan bumbu spekuk sedikit demi sedikit sambil terus dikocok rata.
4. Tuangkan satu sendok sayur adonan dalam loyang yang telah dilapisi kertas roti dan diolesi margarin. Panggang dalam oven dengan api atas 200°C selama 5 menit sampai kecoklatan.
5. Keluarkan loyang dari oven, tekan-tekan kue menggunakan alat khusus hingga permukaan kue rata.
6. Tuangkan lagi satu sendok sayur adonan di atas lapisan pertama. Panggang kembali selama 5 menit dengan api atas. Lakukan proses yang sama hingga adonan habis.
7. Jika adonan telah habis dan proses pelapisan selesai, panggang kue dalam oven dengan api atas dan api bawah hingga matang. Angkat, dinginkan. Sajikan kue lapis legit dalam potongan-potongan kecil sesuai selera.

NB : Bagi yang kurang suka dengan aroma bumbu spekuk, maka penggunaannya bisa ditiadakan.
Tag : KUE PANGGANG
0 komentar untuk "Kue Lapis Legit"

Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif !