Kue Tradisional | Kue Indonesia

KUE KU (KUE KURA-KURA)

Kue Ku adalah nama kue tradisional yang sebenarnya berasal dari Provinsi Fujian, negeri Tiongkok, namun sudah populer di bumi nusantara, karena sering tampil sebagai pendamping tumpeng dan merupakan salah satu kue pengisi kue tampah.

Dalam bahasa Tionghoa dialek Hokkian, kue ini diberi nama "ang ku kueh". Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, "ang" berarti merah, sedangkan "ku" berarti kura-kura. Jadi "ang ku kueh" berarti kue kura-kura yang berwarna merah, karena kuenya dibuat dengan cetakan berbentuk kura-kura dan diberi pewarna merah. Kue ku atau kue kura-kura ini telah ikut memperkaya khazanah kue nusantara.

KUE KU KURA_KURA

BAHAN ISI :
200 gr kacang hijau kupas, rendam 2 jam
125 gr gula pasir
200 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1/2 sdt garam halus
1/4 sdt vanili
3 sdm minyak goreng
2 lembar daun pandan, potong-potong

BAHAN ADONAN UNTUK KULIT KUE KU :
300 gr tepung ketan
300 ml santan mendidih dan kental dari 1 butir kelapa
75 gr gula pasir
1 sdt pewarna merah cair
Daun pisang secukupnya
Minyak goreng secukupnya untuk mengolesi daun pisang sebagai alas

CARA MEMBUAT :
1. Untuk Bahan Isi : Kukus kacang hijau sampai empuk dan matang, haluskan. Campur kacang hijau halus, gula pasir, santan, vanili, garam, dan daun pandan, masak dengan api kecil sambil diaduk sampai terbentuk adonan yang kalis dan dapat dibentuk. Angkat dan dinginkan.
2. Untuk Bahan Kulit : Campur tepung ketan dengan gula pasir. Tambahkan santan panas sedikit semi sedikit sambil diuleni sampai tidak melekat di tangan dan dapat dibentuk. Beri pewarna merah, uleni lagi sampai rata.
3. Ambil 1 sdm adonan kulit, bentuk bulat dan pipihkan. Beri isi dengan 1/2 sdm bahan isi kacang hijau. Rapatkan, kemudian letakkan ke dalam cetakan kue kura-kura yang telah ditaburi sedikit tepung ketan, sambil ditekan-tekan.
4. Ketuk dan keluarkan kue dari cetakan. Letakkan di atas selembar daun pisang yang sudah dipotong sesuai bentuk kue dan diolesi sedikit minyak goreng. Lakukan seterusnya sampai adonan habis.
5. Kukus adonan selama lebih kurang 20 menit dengan api sedang sampai kue matang.
6. Angkat, kemudian olesi permukaan kue dengan minyak goreng. Dinginkan. Kue Ku siap untuk disajikan.

Untuk : +/- 15 buah
Tag : KUE KUKUS
2 komentar untuk "KUE KU (KUE KURA-KURA)"

Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif !

Back To Top