Resep Kue Tradisional | Kue Indonesia

Bolu Kukus

Kue bolu kukus merupakan salah satu kue nusantara yang sangat populer dan mudah ditemukan. Bentuk bolu kukus menyerupai bunga yang sedang mekar dan merekah indah merupakan salah satu daya tarik kue bolu kukus ini, selain rasanya yang manis dan tekstur kue yang lembut di lidah. Kue bolu kukus yang bentuknya menyerupai kue mangkuk ini memang merupakan kue khas Indonesia yang mendapat pengaruh Tionghoa dari kue mangkuk tersebut.

Tantangan yang terutama dihadapi dalam pembuatan kue bolu kukus ini adalah apakah bolu kukusnya bisa mekar merekah atau tidak gundul, teksturnya tidak terasa keras serta tidak bantat.

Bolu Kukus

BAHAN :
300 gram tepung terigu
250 gram gula pasir
5 butir kuning telur ayam
4 putih telur ayam
1/2 sdt soda kue
175 ml air soda tanpa rasa (bisa memakai Sprite atau 7Up)
1/2 sdt vanila
1 sdm cokelat bubuk
1/4 sdt pewarna cokelat/pasta cokelat
Paper cup/kertas minyak/kertas roti untuk alas cetakan

CARA MEMBUAT :
1. Kocok telur, gula dan vanila sampai kental dan mengembang, lalu masukkan bergantian, 1/2 bagian tepung, 1/2 bagian air soda, begitu seterusnya sampai adonan habis, aduk rata.
2. Ambil 5 sdm adonan, tambahkan pewarna cokelat dan cokelat bubuk, aduk rata, sisihkan.
3. Siapkan dan beri alas kurang lebih 20 cetakan bolu kukus dengan paper cup/kertas roti, lalu masukkan ke dalam panci kukus yang airnya sedang mendidih.
4. Tuang adonan ke dalam cetakan sampai hampir penuh lalu tambahkan 1-2 sdt adonan yang diberi pewarna cokelat dan cokelat bubuk. Lakukan sampai adonan habis.
5. Tutup panci kukusan, kukus dengan api besar +/- 20 menit atau sampai kue matang dan merekah di bagian atasnya. Angkat, dinginkan. Bolu kukus siap untuk disajikan.

Untuk : 20 buah
Tag : KUE KUKUS
4 komentar untuk "Bolu Kukus"
wong wates
delete

wedew,,,jadi momy creatif buat family yukzz !!!

makasih yah dah bagi2 resepnya, :)

makasih resep kue bolunya....

Nice Info gan. Kunjungan balik blog makanan juga http://carabuatmakananenak.blogspot.com/

Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif !